Jumat, 09 Mei 2014

Sejarah Dan Pengaruh Gereja Sahabat di Dunia


SEJARAH DAN PENGARUH GEREJA SAHABAT (QUAKERS)

Gereja Sahabat didirikan oleh George Fox di Pennsylvania-Amerika Serikat. Pelayanannya dimulai dari sebelah utara Inggris pada tahun 1647. Itu artinya Gereja Sahabat telah ada selama 367 tahun (1647-2014). Seperti gerakan-gerakan gereja lainnya, Gereja Sahabat pun telah memberikan sumbangan-sumbangan yang telah mempengaruhi dunia, baik dalam dunia kekristenan maupun kebudayaan.

Kebebasan Beragama. Gerakan Gereja Sahabat sering disebut dengan nama “Quakers” dalam buku-buku sejarah. Gereja Sahabat dimulai dari jaman yang tidak punya toleransi. Karena kebaktian di luar gereja, menolak membayar  pungli atau pajak yang diluar aturan pemerintah, menolak bersumpah, lebih memilih damai daripada perang, dan mempublikasikan kebenaran di mana-mana, mereka mengalami penganiayaan lebih di mana-mana, mereka mengalami penganiayaan-penganiayaan lebih dari apa yang dialami oleh gerakan Kristen lainnya. Ribuan orang Sahabat dipenjara, ratusan mati martir dan hampir semua mengalami penolakan dari masyarakat dan sangat menderita. Namun dalam 40 tahun pertama, mereka berkembang lebih dari 50.000 orang (menurut perkiraan yg lain mengatakan jumlah partumbuhan mereka bahkan lebih tinggi).

Karena karakter dan ketulusan hati mereka selama menghadapi masa-masa penganiayaan, maka hati masyarakat mulai berbalik kepada mereka. Pada tahun 1691 ada gerakan yang melarang penganiayaan terhadap kelompok-kelompok keagamaan. Penganiayaan tidak lagi menjadi bagian gereja-gereja di Inggris. Kebebasan beragama pun menang. Namun demikian, di wilayah Amerika, kebebasan beragama seringkali dibatasi oleh peraturan setempat. Orang-orang beriman yang lainnya dianiaya sangatlah berat. Contohnya : empat orang Sahabat termasuk satu orang wanita dihukum gantung di Boston oleh karena mengabarkan iman kepercayaan mereka.

Willem Penn adalah seorang sahabat yang sangat terkenal, ia adalah sahabat karib George Fox yang bergabung dalam misi-misi penginjilan. Ia berasal dari keluarga bangsawan. Ia mendapatkan perkampungan Pennsylvania dari tahta Inggris pada tahun 1681 sebagai pembayaran hutang kepada ayahnya dari raja Charles II.

Gereja Sahabat berpengaruh dibeberapa koloni dari 13 wilayah pribumi Amerika pada saat itu, termasuk Rhod Island, New York, Meryland Virginia, Delavare, North Corolina dan New Jersey. Pada masa perkembangannya, Gereja Sahabat menyebar ke seluruh wilayah dan kebebasan beragama pun telah menjadi bagian dari pernyataan hak-hak azasi manusia, konstitusi Amandement pertama Amerika Serikat.

Etika Berbisnis.  Kembali ke Inggris, kejahatan penganiayaan setelah tahun 1691 telah berlalu, namun demikian tetap ada banyak tekanan-tekanan social. Gereja Sahabat menemukan diri mereka terhalang dari Universitas yaitu jalan masuk ke kekuatan politik dan pekerjaan-pekerjaan utama banyak berbalik ke dunia bisnis, ketulusan mereka membawa pembaharuan seperti halnya system harga untuk menggantikan barter, kepentingan-kepentingan karyawan, kemurnian hati dan kejujuran dalam segala transaksi keuangan dan kualitas yang tinggi dalam produksi-produksinya. Hasilnya adalah beberapa keluarga bisnis, seperti Barclays dalam perbankan dan Hershey yang memproduksi coklat menjadi makmur sampai saat ini. Kenyataannya, bangkitnya kelas pedagang di Inggris merupakan contoh dari pembaharuan dan pengaruh Gereja Sahabat dalam dunia bisnis.

Jaman Perbudakan. Disaat Willian Wilberforce dari gereja Methodis dan persatuan koloninya di Inggris memimpin perlawanan menentang perbudakan, Jhon Woolman adalah seorang figur yang sangat berpengaruh dipermulaan jaman pergerakan anti perbudakan di Amerika Serikat. Gereja Sahabatlah pertama-tama secara resmi menentang perbudakan ditahun 1861, tidak ada satupun orang-orang Sahabat yang memiliki budak-budak.

Pembaharuan Penjara. Elisabeth Fry diakhir  tahun 1700-an mulai melayani wanita-wanita di penjara. Perlakuan terhadap narapidana pada waktu itu sangatlah kejam dan mengerikan. Elisabeth memimpin kampanye-kampanye agar situasi penjara lebih manusiawi. Pada tahun 1787 Gereja Sahabat mengatur sebuah perkumpulan untuk mengurangi kesengsaraan pada penjara rakyat. Pembaharuan ini termasuk memisahkan rumah penjara laki-laki dan perempuan, membersihkan ruangan tempat tinggal mereka, mengadakan lapangan pekerjaan dan memberikan ajaran Kekristenan. Apa yang memotifasikan Elisabeth dan yang lainnya adalah kerinduan memproklamirkan Kristus dan menunjukan kasihnya kepada para narapidana bahwa mereka adalah makhluk ciptaan segambar dengan Allah. Pengaruh yang sama ini juga membawa pembaharuan pada perawatan yang lebih baik lagi terhadap mereka yang cacat mental dan emosional pada penderita penyakit jiwa.

Mengangkat derajat sosial masyarakat pada kebudayaan-kebudayaan lainnya. Gereja Sahabat adalah salah satu diantara kelompok Kristen yang pertama mengutus misionaris-misionarisnya pergi untuk memberitakan Injil. Diawal pelayanan George Fox dan Willem Penn, Gereja Sahabat memberitakan Injil lewat perjalanan keliling dengan kapal layar yang dapat dicapai. Pada generasi berikutnya semangat penginjilan ini menjadi surut, akan tetapi melalui misionaris-misionaris movement, khususnya diakhir tahun 1800-an semangat mereka dibangkitkan kembali dan semangat itu tetap ada sampai sekarang. Mereka bukan hanya mendirikan gereja-gereja, tetapi juga mendirikan rumah-rumah sakit, sekolah-sekolah, proyek-proyek pertanian, sumbangan-sumbangan lainnya yang permanen yang dapat meningkatkan kesehatan, pendidikan dan ekonomi bagi negara-negara dimana mereka melayani. Walaupun Gereja Sahabat tidak monopoli misi-misi atau sumbangan-sumbangan yang telah diberikan seperti tersebut diatas, namun mereka telah ikut serta dalam membangun peningkatan sosial khususnya di Kenya, Burundi, Taiwan, Bolivia, Peru, Guatemala, Honduras dan suku pribumi Eksimo Alaska. Sekarang ini Gereja Sahabat sudah melayani di berbagai negara lainnya di dunia.


Sumber. Buku Wellcome to Friends Church
Pstr. Ferdinand Viktor Tambun & Ev. Theresia Margareth Tumbelaka (wife)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Modified by CR